Yuk, Simak Cara Mengatasi Anak Susah Makan Berikut Ini!

Siapa di sini yang lagi pusing karena Si Kecil yang susah makan? Supaya ayah bunda mama papa nggak merasa sendirian, saya ceritain ya kisah saya sebagai orang tua yang punya anak susah makan. Hehehe...

 

Saya juga suka mati gaya menghadapi Raka, anak kedua saya yang ribet urusan makannya. Kalau makan menunya itu-itu aja. Ingin rasanya melihat Raka mencicipi menu baru yang bervariasi. Tapi, gimana dong caranya? Setiap menyodori menu baru untuk dia, yang ada berakhir dengan: KESAL!

cara mengatasi anak susah makan

Setelah bolak balik browsing dengan keyword: cara mengatasi anak susah makan,  lalu tanya sama beberapa pakar, sampai sempat konsultasi juga, akhirnya saya dapat informasi yang cukup jadi bekal saya menghadapi raka yang susah makan nih. Intinya, sebenarnya anak tuh nggak ngerti bahwa dia perlu makan. Sementara kita kan bolak balik bilang sama Si Kecil kalau mereka perlu makan sayur dan buah supaya badannya sehat. Anak dengan usia dibawah 7 tahun nggak ngerti konsep: perlu atau penting. Jadi, wajar saja kalau dia tetap nggak mau makan walau kita sudah jelaskan tentang pentingnya makan untuk kesehatan tubuhnya. Pokoknya anak-anak hanya mau ngejalanin apa yang dia rasa enak. Ini saya pegang sebagai prinsip dasar, nih. 

cara mengatasi anak susah makan

Jadi, tugas kita sebagai orang tua adalah bikin kegiatan makan ini jadi sesuatu yang enak buat anak. Misalnya dengan menghias makanan anak jadi lebih lucu dan menggemaskan, atau membeli peralatan makan dengan gambar karakter yang disukai anak-anak. Ciptakan situasi menyenangkan saat makan bersama Si Kecil. Ajak mereka makan sambil bernyanyi atau bercerita. Mungkin dulu kita sering melihat orang tua kita bermain pesawat terbang menggunakan sendok sambil menyuapi kita. Prinsipnya adalah agar anak memaknai bahwa makan adalah kegiatan yang menyenangkan.

Maka, ada baiknya singkirin deh hal-hal yang membuat Si Kecil merasa kegiatan makan adalah kegiatan yang 'nggak enak'. Misalnya, pas anak asik main game trus kita paksa makan, pasti makan jadi kegiatan yg sangat mengganggu keasikannya bermain. Apalagi mengajak makannya pakai ngomel segala, nah ini membuat anak semakin nggak suka makan. Kalau ini terjadi berulang-ulamg, anak akan memaknai bahwa makan adalah aktivitas yg menyebalkan.

cara mengatasi anak susah makan

Jangan lupa juga mengecek apakah jadwal makan dan juga porsinya sudah sesuai dengan apa yang diperlukan oleh badan anak. Tubuh anak punya pola alamiah berkaitan dengan urusan makannya. Jangan-jangan jadwal laparnya berbeda dengan jadwal makan yang kita tentukan. Setelah pola alamiah dipahami, baru deh sedikit-sedikit kita atur supaya pola alamiahnya bisa pas dengan jadwal makan kita sehari-hari. Selain soal jadwal makannya, soal menu dan porsi juga sama. Biarkan anak menentukan sendiri menu dan porsi makannya. Jangan sampai orang tua memaksakan anak makan sesuai dengan porsi yang ortu inginkan. 

Sekarang perlahan tapi pasti, raka mulai menyukai kegiatan makan. Mulai mau mencoba makanan baru. Prosesnya memang  nggak sebentar, dan butuh banyak kesabaran. Jadi, tetap semangat ya ayah bunda! 

You are here: Home Kids Health Yuk, Simak Cara Mengatasi Anak Susah Makan Berikut Ini!