Cara Cerdik Ajarkan Anak Senang Membaca

Tentunya kita sering mendengar pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Dan kegiatan membaca adalah salah satu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita tahu lebih banyak mengenai berbagai hal di dunia. Beberapa diantaranya adalah dapat memberikan banyak informasi dan membuka wawasan kita tentang berbagai hal. Tidak hanya itu, dengan membaca juga dapat memberi kita banyak inspirasi sehingga bisa merubah kehidupan seseorang. Selain itu, masih banyak lagi manfaat membaca bagi kehidupan kita. Tentunya kita sebagai orang tua ingin anak-anak kita gemar membaca. Namun, biasanya anak-anak cenderung lebih senang melakukan kegiatan menyenangkan lainnya dibanding membaca. Apalagi zaman sekarang ini banyak sekali kegiatan yang mungkin buat anak-anak jauh lebih menarik daripada membaca. 

Walaupun kita sebagai orang tua ingin sekali buah hati gemar membaca, hindari memaksakan anak, apalagi maksanya pakai marah. Kalau kita terus menerus memaksa anak untuk membaca, bisa-bisa anak justru menilai kegiatan membaca adalah kegiatan yang tidak menyenangkan. Karena mama-papa selalu saja marah-marah saat mengharuskan si kecil membaca. Kalau kita ingin mereka jadi gemar membaca, justru kita harus menciptakan suasana yang menyenangkan saat mengajaknya membaca. Biarkanlah si kecil mempunyai inisiatif sendiri untuk mulai membaca. Apabila ia belum ingin membaca sendiri, kita saja yang terus membacakan cerita untuk anak-anak. 

Nah, untuk urusan membaca, memang orang tua perlu membangun kebiasaannya di rumah. Apabila kita ingin anak-anak gemar membaca, cara paling efektif adalah membaca bersama anak sekitar 10-15 menit sehari. Iya, setiap hari. Apabila kita konsisten, kebiasaan membaca pastinya akan terbangun di jiwa anak-anak. Waktu sebelum tidur biasanya adalah waktu yang paling tepat untuk membaca bersama, karena biasanya anggota keluarga sudah menyelesaikan semua kegiatan dan bisa mulai fokus kepada kegiatan membaca ini. 

Setelah kegiatan membaca selesai, kasih kesempatan si kecil untuk mengungkapkan pendapatnya. Biarkan mereka dengan bebas berkomentar tentang ide cerita dan kesannya tentang cerita yang baru saja dibacakan. Dengan begitu, kita bisa tahu apakah si kecil mengerti dengan isi buku yang baru saja dibacakan. Jangan khawatir kalau si kecil meminta kita mengulang cerita yang sama setiap hari. Anak-anak memang biasanya menikmati pengulangan, karena ini membantu mereka untuk lebih memahami cerita.

Yang nggak kalah penting, jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada si kecil karena telah berusaha untuk membaca. Berikan pujian manis padanya agar suasana membaca selalu jadi suasana yang menyenangkan untuknya. Sekedar ucapan terima kasih disertai dengan pelukan dan juga kecupan manis saja akan sangat berkesan untuk anak-anak. Apresiasi akan membantu anak untuk ingin mengulangi kegiatan positif ini setiap harinya. Jadi, selamat membaca bersama anak-anak ya!

You are here: Home Parenting Cara Cerdik Ajarkan Anak Senang Membaca