Momen Berharga Bersama Anak Bagi Orang Tua Sibuk

Di zaman sekarang ini, di mana tuntutan kehidupan sudah semakin tinggi, membuat mayoritas anak memiliki kedua orang tua yang harus bekerja. Dulu, mungkin hanya ayah yang berfungsi sebagai pencari nafkah keluarga, tapi kini keadaan sudah berbeda. Banyak ibu yang dituntut untuk turut membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tapi, apapun kondisinya, walaupun Anda adalah salah satu diantara sekian banyak orang tua yang hanya memiliki sedikit waktu bersama anak, nggak perlu merasa bersalah, karena rasa bersalah inilah yang hanya akan menimbulkan masalah baru. 

Apabila kita dihadapkan dengan kondisi seperti ini, satu-satunya cara terbaik yang bisa dilakukan orang tua bekerja adalah berkomitmen untuk menciptakan waktu-waktu yang berkualitas dengan anak. Walaupun kita hanya memiliki sedikit waktu dengan anak, tetap akan lebih baik jika kita menyediakan seluruh jiwa dan raga kita untuk bahagia bersama mereka. Apalah artinya punya banyak waktu bersama anak tapi hanya diisi dengan omelan dan nasihat yang lama kelamaan membuat anak malas berdekatan dengan orang tua.

Hal yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan dengan baik agar momen bersama anak di pagi hari tidak dilewati dengan terburu-buru. Mengapa? Kondisi yang serba terburu-buru biasanya hanya akan membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman. Kita perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi anak-anak yang memerlukan waktu yang lebih panjang dari kita untuk mempersiapkan diri pergi ke sekolah. Nikmati tiap detik dalam momen pagi hari ini walaupun diselingi dengan rengekan khas anak di pagi hari. Bangun lebih pagi mungkin ide yang baik. Selalu ingat bahwa ini adalah salah satu dari dua kesemptan kita dalam sehari untuk bertatapan langsung dan menciptakan pertemuan yang berkualitas dalam menjalin hubungan yang nyaman antara orang tua dan anak.

Berapapun usia anak kita, jangan pernah berhenti untuk mengungkapkan kasih sayang setiap harinya. Pada dasarnya, orang tua dan anak saling membutuhkan rasa cinta dan kasih sayang satu sama lain. Berpelukan dengan anak selama paling sedikit 3 detik dipagi hari saat berangkat bekerja dan juga saat kita pulang ke rumah bisa jadi salah satu vitamin dalam hubungan orang tua dan anak. Mendapatkan pelukan berarti mendapatkan dukungan. Pelukan juga bisa menimbulkan rasa percaya diri anak, lho! Peluklah mereka dengan tulus dan tidak tergesa-gesa, karena inilah waktu yang tepat bagi kita untuk mencurahkan segala kasih sayang yang kita punya. Penting sekali bagi orang tua bekerja untuk terus melakukan sesuatu agar si kecil tidak merasa diabaikan. Tapi, jangan gunakan uang sebagai pengganti waktu dan kasih sayang kita, ya!

Kesempatan kedua untuk menciptakan pertemuan berkualitas adalah saat pulang bekerja. Sesingkat apapun kesempatan kita untuk berinteraksi dengana anak, usahakanlah agar kesempatan tersebut tidak terbuang percuma. Walaupun kita hanya punya waktu setengah jam bersama mereka, sudah sangat cukup apabila kita bersedia untuk hadir sepenuh jiwa bagi anak. Dunia pasti akan baik-baik saja apabila kita menyimpan gadget kita selama 30 menit dan mulai bermain, membacakan cerita, atau sekedar ngobrol-ngobrol sambil bermain tebak-tebakan seru dengan si kecil.

Yang nggak kalah penting, walaupun kita kelelahan luar biasa saat pulang bekerja, letakkan dulu segalanya. Buang jauh-jauh pikiran negatif, dan bangun perasaan positif saat bersama anak. Yakinlah bahwa momen indah inilah yang akan selalu dikenang anak-anak kita.

You are here: Home Parenting Momen Berharga Bersama Anak Bagi Orang Tua Sibuk