Usia Berapa Anak Mulai Puasa?

Memasuki bulan Ramadhan, orang tua yang memiliki anak usia 5-7 tahun biasanya mulai bertanya-tanya, “Kapan ya anakku bisa belajar berpuasa?”. Pasti sering deh kita mendengar, “Ajari anak berpuasa sedini mungkin.”. Iya, tapi usia berapa anak mulai berpuasa? Dan gimana cara mengajarinya?

Sebenarnya kapan anak mulai berpuasa adalah pertanyaan yang bersifat sangat personal. Ada yang baru mulai puasa sehari penuh pada usia 7-8 tahun, ada juga yang sudah mulai berpuasa sehari penuh sejak umur 6 tahun. Tapi, kita sudah bisa mulai mengajarkan anak berpuasa sejak anak masih di usia balita, lho! Caranya adalah dengan mengenalkan Si Kecil pada bulan Ramadhan dan aktifitas yang ada didalamnya. Jangan terlalu fokus kepada kemampuan anak dalam menahan lapar dan minum saja, karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama mereka dalam rangka mengenalkan anak pada bulan Ramadhan.

Balita biasanya baru sampai pada periode meniru orang-orang di sekelilingnya. Akan lebih mudah bagi mereka untuk memahami yang bisa mereka lihat, pegang dan rasakan. Jadi, sebelum mengenalkan si kecil pada amalan-amalan berpuasa yang bersifat abstrak dan sulit dipahami olehnya, orangtua bisa mengajarkan sesuatu yang lebih mudah diserap dan ditiru oleh Si Kecil. Misalnya, kebiasaan-kebiasaan seperti sahur dan berbuka bersama, pergi sholat tarawih di masjid, membacakan cerita nabi dan juga kisah-kisah tentang puasa Ramadhan, juga kegiatan beribadah lainnya. 

Libatkan saja Si Kecil dalam setiap kegiatan di bulan Ramadhan. Dengan mengajak mereka ke pasar misalnya, dan mulai melibatkannya mempersiapkan menu sahur dan berbuka. Mempersiapkan alat-alat beribadah untuk dibawa tarawih ke masjid, sambil perlahan mengajarkannya doa-doa yang digunakan di bulan puasa dengan cara yang seru dan menyenangkan juga sangat bermanfaat dalam proses belajar Si Kecil. Hal yang nggak kalah seru biasanya melibatkan mereka mempersiapkan kue-kue kering untuk menyambut hari raya.

Tak usah heran jika orangtua merasa kesulitan menanamkan konsep pentingnya berpuasa pada balita, karena mereka memang masih belum bisa memahami. Tapi, nggak ada salahnya lho menceritakan kepada Si Kecil secara sederhana mengenai prinsip-prinsip berpuasa. Nah, namanya juga anak kecil, jadi jangan lupa bersabar ya kalau mereka terus bertanya berulang-ulang dengan pertanyaan yang sama tentang materi-materi yang sudah kita jelaskan. Itu menandakan kalau Si Kecil sedang dalam proses belajarnya.

Kalau Si Kecil mau mencoba menahan lapar dan haus juga boleh, kok. Tapi, jangan sampai memaksa yah. Misalnya kalau Si Kecil ikut sahur, kemudian ia meminta sarapan, nggak papa kok. Ajak mereka untuk kembali menahan lapar dan haus usai sarapan sekuatnya. Jangan lupa juga untuk ajak mereka berempati kepada anggota keluarga lain yang berpuasa dengan tidak makan dan minum didepan orang lain yang berpuasa agar mereka semakin mengerti konsep berpuasa.

Selamat menjalankan ibadah Ramadhan bersama Si Kecil, ya...

You are here: Home Parenting Usia Berapa Anak Mulai Puasa?