Manfaat Bermain Slime

Sejak kurang lebih dua tahun yang lalu, muncul permainan baru yang populer dikalangan anak-anak. Hampir semua anak, terutama anak perempuan bermain slime. Mungkin slime jadi salah satu mainan yang digemari karena bentuknya yang kenyal dan menggemaskan, dengan beragam variasi warna yang bikin penasaran untuk dikoleksi. Sementara kita, orangtua, berpikir bahwa slime hanyalah permainan bertekstur lengket yang cara bermainnya hanya ditusuk-tusuk dengan jari dan menghasilkan sensasi gemas dan dingin. Duh, nggak penting banget sih permainan kayak begitu. 

Tapi ternyata, permainan sederhana ini punya banyak manfaat, lho. Inget nggak sih waktu kecil kita sering bermain lilin yang lentur dan bisa dibentuk-bentuk dengan berbagai macam warna? Nah, slime juga punya manfaat yang hamper mirip dengan lilin mainan ini. Bukan hanya untuk menghibur, ternyata bermain slime bisa merangsang motorik halus anak. Apalagi ketika Si Kecil ingin membut slime sendiri. Ia harus bisa mengaduk dan mengatur kecepatan adukannnya, memeras, menarik juga mengambil bahan pada satu wadah dan menuangkannya pada wadah yang lainnya. Seluruh kemampuan otot tangan anak diperlukan saat bermain slime. Tahu nggak sih , ternyata otot tangan dan jemari yang kuat serta lentur membuat anak pintar menulis dan juga menggambar. 

Sementara dengan membuat slime sendiri bisa membuat anak menjadi kreatif, karena dalam pembuatan slime biasanya menggunakan pewarna makanan dalam pembuatannya. Kita bisa membelikan warna dasar seperti merah, kuning, dan hijau. Ajak Si Kecil mengenal warna saat membuat slime bersama. Misalnya, “Warna merah ini seperti warna bunga mawar, yah” “Warna kuning seperti baju mama, warna hijau seperti apa yaaa?” Nah, mengenal warna sambil bermain slime pasti lebih menarik kan, daripada menyuruh anak duduk rapih melihat papan tulis? Kita juga bisa mengajak mereka mencampur warna dasar sehingga menghasilkan warna-warna baru yang menarik.

Bermain slime juga bisa membantu anak belajar memperluas wawasan, karena bermain slime adalah salah satu cara belajar science yang sangat menyenangkan. Selain pencampuran warna, anak-anak juga bisa melihat bahwa mencampurkan beberapa bahan bisa menghasilkan bentuk dan tekstur yang berbeda dari bahan dasarnya. Tak hanya itu, mereka juga bisa merasakan serunya belajar menakar bahan-bahan, di mana ini adalah salah satu materi dalam pelajaran matematika.

Makin seru lagi, bermain slime juga bisa menimbulkan rasa bahagia bagi anak-anak. Jadi, aktivitas ini juga bisa digunakan anak untuk melepas emosi negatifnya, termasuk rasa lelah dan jenuh setelah belajar di sekolah. Apalagi kalau orangtua mau meluangkan sedikit waktu untuk menemani Si Kecil bermain sambil bercerita dan tertawa bersama. Bukan cuma suasana hati, suasana rumahpun akan terasa lebih bahagia.

You are here: Home Parenting Manfaat Bermain Slime