Ini Dia Cara Sukses Mengasuh Kids Zaman Now

Siapa yang mengasuh anak masih pakai cara orang tua zaman dulu? Bukannya saya mau bilang pola asuh jaman dulu itu jelek, tapi karena zamannya udah beda, jadi pola asuh jaman dulu juga sudah sulit diterapkan pada kids zaman now. Pertama saya mendengar istilah “kids zaman now”, saya tertawa geli sendiri. Tapi, lama-lama rasanya pas juga istilah itu digunakan untuk menggambarkan anak-anak zaman sekarang yang tinggal di era digital dan banyak menggunakan bahasa inggris campur-campur, hihihi… 

 

Btw, kids zaman now atau anak zaman sekarang sudah hidup di era informasi yang terbuka lebar, sehingga mereka juga banyak mendapat referensi dan pengetahuan baru yang membanjiri cara berpikirnya setiap hari. Ya nggak heran, kalau anak zaman sekarang jadi sangat kritis. Seringkali kita menilai anak zaman sekarang lebih suka membantah. Hmmm, kok saya melihatnya bukan membantah, ya? Memang mereka memiliki cara berpikir sendiri berdasarkan banyak referensi dari berbagai sudut pandang yang mereka dapatkan. Sementara kita zaman dulu cenderung penurut. Mungkin, karena sudut pandang kita kan hasil dari yang dituturkan oleh orang tua dan guru. Ya, cuma itu yang kita tahu. Gimana mau membantah? Lha wong pengetahuannya memang terbatas. 

Jadi, mengasuh kids zaman now ini nggak bisa lagi menggunakan cara-cara yang otoriter. Cara-cara seperti itu cuma akan membuat anak jadi pemberontak karena merasa nggak nyaman dengan cara yang dilakukan orang tua. Orang tua yang terbiasa menggunakan pola asuh didik yang diktator rasanya perlu memikirkan strategi baru agar bisa berjlan selaras dengan anak-anak jaman sekarang yang pemikirannya sudah semakin canggih. 
 
Lagian, pola asuh didik yang diktator dan otoriter kan hanya akan membuat anak jadi penurut. Sementara anak yang penurut adalah anak yang melakukan apapun hasil keputusan orang tuanya. Anak penurut juga akan menjadi orang dewasa yang nggak bisa ambil keputusan, karena nggak pernah dibiarkan mengambil keputusan sendiri. Anak penurut akan menjadi orang dewasa yang nggak kreatif karena nggak pernah boleh berpikir diluar ketentuan orang tua. Sementara menjadi kreatif dan pandai mengambil keputusan adalah sifat yang harus dimiliki generasi milenial yang dituntut untuk berinofasi tanpa henti.
 
Yah mau gimana lagi, walaupun rasanya berat hati dan hampir kehabisan energi digerus berbagai aktivitas setiap hari, tapi orang tua zaman now harus segera bertransformasi, supaya bisa mendampingi anak-anak hebat yang semakin hari semakin canggih. Selain itu, kita sebagai orang tua juga bisa terus mengikuti perkembangan zaman yang semakin hari semakin menantang buat anak-anak kita. Good luck, Parenst!
You are here: Home Parenting Ini Dia Cara Sukses Mengasuh Kids Zaman Now