It’s Family Time!

Hampir terjadi di setiap rumah keluarga modern di mana ayah yang bekerja harus pergi sangat pagi dan pulang sangat malam akibat kondisi jalanan yang nggak bisa diajak kompromi. Di sebagian keluarga malah, ibu juga punya aktivitas yang mirip-mirip dengan ayah. Disaat semua bertemu, seringkali masing-masing sibuk dengan gadgetnya. Alhasil, banyak keluarga yang merasa kurang waktu untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Kondisi seperti ini kadang membuat anggota keluarga merasa nggak nyaman nih. Biasanya ujung-ujungnya yang disalahin: gadget.

Sebenarnya gadget nggak pernah salah sih. Gadget justru diciptakan untuk memudahkan hidup manusia, terutama dalam mencari informasi, mencari inspirasi, melihat berita, sampai mencari hiburan sekarang jadi lebih mudah berkat gadget. Hanya saja, kita yang sangat terpikat dengan kehadiran gadget, jadi seringkali menggunakannya secara berlebihan. Sampai terkadang membuat kita lupa kalau banyak hal penting yang juga harus kita kerjakan selain menghabiskan waktu dengan gadget. 

Kalau kondisi seperti ini juga yang terjadi sama Parents di rumah, salah satu solusinya adalah membuat “Family Day”, hari di mana semua anggota keluarga meninggalkan gadget sementara dan membuat keseruan agar sesama anggota keluarga saling berinteraksi. Tapi, syaratnya dilarang membahas masalah yang berat-berat, ya! Justru yang perlu dilakukan adalah menciptakan berbagai aktifitas yang membuat sesama anggota keluarga jadi merasa sama-sama happy. 

Setiap keluarga punya caranya sendiri untuk menciptakan kebahagiaan di rumah. Kalau di keluarga kami, anak-anak paling suka bermain kartu. Siapa yang kalah dicoret mukanya pakai lipstik Bunda yang warnanya merah merona. Biasanya, setelah bermain kartu, wajah semua anggota keluarga jadi coreng moreng deh. Hehehe. Atau kadang kami bermain ular tangga, bermain jengga, bermain sepeda, berenang,  berkunjung ke rumah nenek, atau lomba makan ice cream. Boleh aja menggunakan gadget kita untuk keseruan bersama, misalnya membuat video lip sync ala car pool karaoke. Seru juga, tuh! Kebayang nggak kalau disaat weekend ada beberapa waktu yang disisihkan untuk keseruan bersama. Mungkin nggak perlu seharian juga sih. Tentukan aja waktu yang tepat. Mulai pagi sampai sore misalnya, sisa waktunya bisa kembali digunakan untuk menonton tv, bermain Play Station, dan mengecek handphone.

Intinya Parents, apapun kegiatan yang dilakukan di “Family Day" ini, hadirkan diri kita bersama keluarga lahir dan bathin. Jangan cuma badannya aja yang bersama tapi pikiran kemana-mana. Singkirkan dulu sebentaaaar aja pikiran tentang keribetan di kantor, atau tagihan kartu kredit yang membengkak. Habiskan waktu untuk berbagi kebahagiaan. Unsur “fun” wajib hadir saat “Family Day”. Agar sesibuk apapun hari-hari kita setelah itu, memori bahagia saat “Family Day” akan selalu menghiasi jiwa anak-anak kita.

You are here: Home Parenting It’s Family Time!