9 Tempat Wisata di Tokyo yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Rasanya, hampir semua orang saat ini memilih Jepang sebagai tujuan wisata baik traveling sendiri maupun keluarga ya, Parents. Hal ini nggak lain dan nggak bukan ya karena kondisi negaranya yang sangat disiplin dengan suasana perkotaannya yang sangat bersih dan menyenangkan. Nggak cuma itu, banyak banget tempat menarik yang bisa kita kunjungi di sana, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya karena banyak banget kuil, wisata belanja, bahkan hanya sekedar sight seeing di sekitar kota juga sudah menyenangkan banget!

Nah, rupanya saya dan keluarga juga merupakan salah banyak dari orang yang liburan ke Jepang. Hihi. Kebetulan beberapa waktu lalu kami memutuskan untuk liburan ke Jepang selama dua minggu penuh, setelah sebelumnya juga pernah ke Jepang tapi hanya seminggu dan ternyata nggak cukup! Pas banget kemarin anak-anak lagi libur sekolah, jadi deh kita mengunjungi negeri sakura ini di musim dingin. Seru banget!

Sesampainya di Jepang, kita langsung menjelajahi beberapa tempat wisata yang ada di Tokyo. Mau tau apa aja tempat wisata di Tokyo yang menarik untuk dikunjungi? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Tokyo DisneySea

Tokyo DisneySea

Liburan ke Jepang belum lengkap rasanya kalau nggak ke Disneyland, kan? Tapi, mumpung lagi di Jepang akhirnya kami lebih memilih untuk pergi ke Disneysea, karena Disneysea ini cuma ada di Jepang aja. Berbeda dengan Disneyland yang ada di beberapa negara lainnya. Tapi, nggak ada salahnya juga sih kalau mau mengunjungi keduanya, asalkan punya waktu yang cukup lama untuk liburan di Jepang dan mau menginap di Disney resort.

Kalau nggak menginap di sana, rasanya pasti akan capek banget, mengingat Disneyland ini jaraknya lumayan jauh dari pusat kota Tokyo (sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kereta), tutup jam 1 malam, dan harus gendong anak dan bawa perlengkapan lainnya tengah malam untuk balik lagi ke Tokyo. Hmm, kebayang kan gimana capeknya? Jadi, mending pilih salah satu aja kalau memang waktunya nggak memungkinkan, ya!

Lokasi: 1-13 Maihama, Urayasu, Chiba Prefecture 279-0031, Jepang.

Jam operasional: Weekdays (09.00-22.00), weekend (08.00-22.00)

Harga tiket: 500.000 (anak-anak) dan 900.000 (di atas 11 tahun)

2. Keliling Harajuku!

harajuku

Hal selanjutnya yang bisa kita lakuin di Tokyo adalah dengan memanfaatkan waktu seharian untuk berkeliling di kawasan Harajuku. Harajuku sendiri sebenarnya merupakan salah satu nama jalan di Tokyo di mana banyak anak muda berkumpul untuk sekedar nongkrong, belanja, mencari aneka jajanan, sampai melakukan eksperimen fashion (cosplay). Inilah alasannya kenapa muncul tren fashion yang dikenal dengan nama Harajuku style.

3. Meiji Shrine atau Kuil Meiji

meiji shrine
Image: Broke Tourist

Kuil ini letaknya ada di belakang Stasiun Harajuku dan biasanya digunakan untuk upacara keagamaan. Suasananya tenang dan damai karena jauh dari hiruk pikuk kota. Kalau Parents termasuk pecinta sejarah, kuil ini harus masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi.

4. Takeshita Dori

Takeshita Dori
Image: Culture Japan

Nah, bisa dibilang kalau tempat ini adalah salah satu tempat paling ramai di Tokyo, bahkan melebihi jalan kawasan Harajuku. Di sini, kita bisa menemukan berbagai macam toko aksesoris lucu, salah satunya adalah Daiso. Memang sih di Indonesia juga ada, tapi Daiso kita bisa menemukan aksesoris dan pernik yang lebih beragam dan dijual satu harga, yaitu 100 yen. Cocok untuk membeli oleh-oleh buat keluarga dan teman, nih.

5. Omotesando

Omotesando
Image: Wikipedia

Hmm, kalau ini sih kayaknya lebih ke tempat belanja bagi ibu-ibu karena di sini banyak outlet barang bermerek seperti Chanel atau Prada. Ada juga kawasan Meiji Dori yang banyak memberikan opsi toko seperti Adidas, Forever 21, H&M, dan lainnya.

6. Yoyogi Park

Yoyogi Park
Image: Jrrny

Atau mau menikmati udara segar dan pemandangan hijau pepohonan? Parents bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi salah satu taman terluas di Tokyo yang letaknya nggak jauh dari Stasiun Harajuku ini.

7. Shibuya

Shibuya Jepang

Menjelajahi Tokyo rasanya kurang lengkap kalau belum ke jantung kotanya, yaitu Shibuya. Di sini, kita bisa menyaksikan sendiri kesibukan masyarakat dengan berbagai aktivitasnya. Tapi, kerennya orang-orang di sini sangat patuh peraturan dan mereka disiplin banget lho saat melintas. Pemandangan yang nggak bisa ditemukan di Jakarta!

8. Asakusa

Sensoji Asakusa

Nah, biasanya kalau orang Indonesia ke Asakusa pasti akan cari ramen halal. Meskipun sebagian besar ramen di Jepang itu pakai babi, ternyata di dekat kuil ada satu kedai ramen yang selalu rame pengunjung, hal ini karena ramennya halal dan menyediakan mushola. Pemiliknya orang Jepang, tapi pelayannya adalah orang Indonesia. Di sini juga banyak udon yang dipasangkan dengan sayur dan tempura. Setelah kenyang makan ramen, baru deh kami jalan-jalan dan mampir ke Kuil Sensoji. Seru!

9. Tokyo Tower

tempat wisata di tokyo

Image: YouTube

Nah, kalau ini pilihan aja sih, karena selain lokasinya yang lumayan jauh dari stasiun (mengingat kalau di Jepang itu akan lebih banyak jalan ongkos taksi yang super mahal), nggak ada hal spesial dari Tokyo Tower. Tapi, kalau memang pingin lihat pemandangan kota dari atas, bisa juga kok menyempatkan waktu buat mampir ke sini.

Transportasi selama di Jepang?

Yamanote Line

Kalau ada yang Tanya apa sih transportasi yang kami pakai selama di Jepang, jawabannya adalah kereta komuter! Untuk bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Tokyo, kita bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi, mulai dari bus, kereta, atau kendaraan pribadi. Tapiii, kebetulan selama kami liburan di Jepang, kami lebih sering menggunakan kereta (jalur Yamanote Line) karena praktis, cepat, murah, dan gampang banget.

Yamanote line sendiri merupakan jalur kereta api komuter tersibuk yang menghubungkan hampir semua stasiun kereta di Tokyo. Kita harus beli JR Pass (Japan Rail Pass) kalau ingin bisa bebas bepergian menggunakan kereta di semua jalur Yamanote line. JR Pass ini bisa dibeli secara online dan harganya tergantung berapa lama kita akan liburan di Jepang. Berhubung waktu itu kita 2 minggu, jadi beli JR Pass terusan yang harganya sekitar 7 juta rupiah dan berlaku untuk 14 hari.

Terus gimana cara komunikasinya?

tempat wisata di tokyo

Kita semua tau kalau sedikit banget orang Jepang yang bisa bahasa Inggris. Inilah kenapa kita harus putar otak untuk bisa berkomunikasi dengan mereka. Cara yang paling gampang adalah dengan pakai bahasa isyarat (pakai isyarat tangan) dan kasih lihat gambar atau tulisan. Setelah itu, jangan lupa juga pakai Google translate dan Google map selama berada di sana, ya! Berguna banget lho ini, Parents.

Tertarik buat ke Jepang? Yuk, siapkan jadwal dan jangan lupa menabung ya, Parents!

You are here: Home Tips for Mom 9 Tempat Wisata di Tokyo yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga