Simak 4 Tips Agar Si Bungsu Nggak Jadi Anak Manja Berikut Ini

Siapa yang suka manjain anak bungsu? Hihihi, gemes ya kalau masih ada sisa balita di rumah. Rasanya pengen manjain terus. Di keluarga, saya juga anak bungsu, nih. Seneng deh rasanya disayang terus. Memang orang tua cenderung santai ketika mengasuh anak terakhir. Bukan sengaja membedakan, tapi memang biasanya mengasuh anak bungsu sudah tidak setegang mengasuh anak pertama, karena itu juga biasanya anak bungsu tumbuh menjadi anak yang riang, santai, ramah, dan suka bersenang-senang.

Hal ini karena biasanya orang tua cenderung bersikap longgar kepada anak terakhir ini. Tapi jangan terlena ya Parents, walaupun selalu terlihat gemas anak bungsu tetap harus didampingi menjadi sosok yang mandiri. Yuk, simak beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendidik anak agar nggak tumbuh sebagai anak yang manja berikut ini.

1. Libatkan si bungsu dalam berbagai kesempatan

tips agar anak tidak manja

Karena selalu jadi yang paling kecil dalam keluarga, orang tua biasanya lebih mengandalkan kakak-kakak dalam membantu, bertanya, atau mengambil keputusan. Kadang hal ini membuat si anak bungsu jengkel dan merasa tidak dianggap. Solusinya, jangan lupa ajak si bungsu untuk ikut terlibat dalam pengambilan keputusan atau membantu pekerjaan sederhana rumah tangga, ya. Misalnya, tanyakan pada mereka weekend ini mau pergi liburan kemana, ajak ia membantu membersihkan kamar mandi sambil bermain air, dan jangan lupa ucapkan terima kasih atas bantuannya. Jika si bungsu merasa dilibatkan, mereka akan merasa berarti dan setara dengan kakak-kakaknya. Bagi mereka, ini adalah salah satu hal penting dalam hidupnya.

2. Perlakukan si bungsu sama seperti kakaknya

tips agar anak tidak manja

Kebiasaan orang tua menyuruh kakak-kakak mengalah kepada si bungsu membuat si anak terakhir ini tumbuh menjadi pribadi yang kurang bertanggung jawab, kurang mandiri, tidak mau mematuhi aturan, dan cenderung mementingkan diri sendiri. Sesungguhnya kakak nggak perlu mengalah kok pada adiknya. Perlakukan si kakak dan adik dengan setara saja saat berkonflik atau memperebutkan sesuatu. Menghadapi konflik sangat bagus dalam proses belajar anak-anak berapapun usianya. Ajarkan mereka bagaimana berlaku adil, bukan menunjukkan sikap "membela yang lemah.”, karena apabila orang tua terus membela si bungsu yang dianggap lebih kecil dan lebih lemah, sampai besar si bungsu akan terus memperlihatkan sikap yang lemah dengan harapan agar terus dibantu dan dibela oleh orang-orang disekitarnya.

3. Berikan apresiasi terhadap perilaku baiknya

tips agar anak tidak manja

Walaupun sudah tidak kaget lagi karena orang tua sudah pernah punya pengalaman sebelumnya, tapi jangan lupa untuk memperhatikan ketika si bungsu melakukan pengalaman pertamanya. Misalnya, ketika ia berhasil makan sendiri tanpa disuapi, bisa mandi sendiri, berhasil mengancing baju, dan mengikat tali sepatu sendiri. Berikan pujian dan umumkan kepada anggota keluarga yang lain. Jangan lupa juga untuk memajang hasil karyanya di tembok, kaca, atau kulkas. Percaya deh, ini bisa mengasah rasa perecaya diri si anak bungsu, lho!

4. Ubah mindset!

tips agar anak tidak manja

Jangan terus anggap si bungsu terlalu kecil untuk melakukan sesuatu. Berikan tanggung jawab, dan percayakan si bungsu bisa melakukan tanggung jawab tersebut. Sikap permisif orang tua kepada si bungsu karena selalu menganggap si bungsu masih kecil bisa melemahkan mental si bungsu. Tetap konsisten dengan segala kesepakatan yang dibuat lengkap dengan konsekwensinya. Perlakukan si bungsu sama dengan kita memperlakukan kakak-kakaknya. Agar si bungsu tumbuh dengan sikap bertanggung jawab.

Logikanya, mengasuh anak bungsu seharusnya lebih mudah karena orang tua sudah punya pengalaman sebelumnya. Jadi anak bungsu seharusnya memiliki kepribadian yang lebih kuat dari kakak-kakaknya, karena kematangan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak sudah lebih baik. Tapi biasanya kenyataannya malah sebaliknya. Orang tua malah cenderung lebih permisif terhadap si anak terakhir ini. Jangan terkecoh ya parents! Kita bisa kok membimbing anak bungsu kita menjadi pribadi yang mandiri dan kuat!

All images: Pexels

You are here: Home Tips for Mom Simak 4 Tips Agar Si Bungsu Nggak Jadi Anak Manja Berikut Ini