parenting

Anakku Beranjak Remaja

Nggak kerasa Mima, anak pertama saya, yang rasanya baru kemarin lahir, sekarang sudah beranjak remaja. Rasanya baru kemarin dia menangis berguling-guling di lantai saat keinginannya nggak terkabul. Tapi sekarang, sudah bisa pinjam baju dan sepatu saya. Bukan hanya fisiknya yang mulai berubah jadi lebih besar, tetapi pola pikir dan emosinya juga berubah. Pada umumnya kebanyakan remaja memang mengalami kondisi seperti ini. Jadi nggak heran kalau ayah dan bunda memiliki anak remaja yang kadang bersemangat, tapi tiba-tiba sensitif dan mudah tersinggung. Mungkin hal seperti ini bisa membuat orang tua sangat kaget karena bahkan si kecil yang beranjak remaja tiba-tiba cepat marah, kecewa ataupun sedih dengan reaksi yang tampak berlebihan. Tapi kalau ini terjadi, ingat ya kalau ini dipengaruhi oleh hormon. 

Read more: Anakku Beranjak Remaja

Yuk Bereskan Mainan Sendiri!

Dunia anak adalah dunia bermain. Tapi banyak orang tua jaman sekarang lebih senang apabila anak-anak bermain gadget karena anak lebih antemng damn rumah juga lebih rapih. Tapi sebenarnya bermain tanpa gadget juga sangat penting lho buat perkembangan motorik anak. Anak bersentuhan langsung dengan berbagai objek dengan berbagai bentuk dan tekstur. Gerakan membuka, menutup, menarik, juga  mendorong mainan juga sangat penting untuk kesiapan anak dalam menulis nantintya. Tapi ya memang konsekwensi yang dihadap[i orang tua biasanya adalah rumah yang akhirnya jadi berantakan akibat sisa-sisa permainan anak. Nggak usah khawatir, langsung saja biasakan anak-anak untuk membereskan mainannya sendiri setelah bermain. 

Read more: Yuk Bereskan Mainan Sendiri!

Ibu Sumber Kasih Sayang Keluarga

Kita semua pastinya tahu bahwa ibu memegang peranan yang sangat penting dalam keluarga. Wah, kalau dijabarkan satu per satu sih pastinya panjaaaaaang banget list-nya. Saking banyaknya peranan dan tugas ibu di keluarga, bagi ibu bekerja yang harus membagi waktu antara pekerjaan dan rumah tangga, sebagian tugas akhirnya didelegasikan ke orang lain. Beberapa pekerjaan rumah tangga mungkin bisa dioper ke asisten rumah tangga, sementara untuk urusan anak-anak di siang hari bisa juga didelegasikan kepada orang tua atau mertua. Tapi ada satu peranan penting yang tampak menonjol dan sangat spesifik bagi seorang ibu yang nampaknya sulit digantikan oleh orang lain, bahksn oleh ayah sekalipun. Yaitu peranan ibu sebagai sumber kasih sayang di keluarga.

Read more: Ibu Sumber Kasih Sayang Keluarga

Waktu Berkualitas Untuk Anak Bagi Orang Tua Sibuk

Di zaman sekarang ini, dimana tuntutan  kehidupan sudah semakin tinggi, membuat mayoritas anak memiliki kedua oarng tua yang bekerja. Dulu mungkin hanya ayah yang berfungsi sebagai pencari nafkah keluarga. Tapi kini keadaan sudah berbeda. Banyak ibu yang dituntut un tuk turut membantu suami untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tapi, apapun kondisinya, walaupun anda adalah salah satu diantara sekian orang tua yang hanya memiliki sedikit waktu bersama anak, nggak perlu merasa  bersalah. Karena rasa bersalah sama sekali nggak bermanfaat, malah seringkali justru menimbulkan masalah baru.

Read more: Waktu Berkualitas Untuk Anak Bagi Orang Tua Sibuk

You are here: Home Parenting