parenting

Menumbuhkan Jiwa Patriotisme Pada Anak

Waktu saya kecil, bulan agustus menjadi bulan yang sangat saya nanti-nanti. Karena pada bulan dimana Rakyat Indonesia merayakan kemerdekaannya ini adalah bulan yang membuat suasana lingkungan rumah saya seru dan rame! Karena saya dan keluarga selalu ikutan memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia ini dengan mengikuti berbagai lomba seru dengan beragam hadiah menarik, menonton pertandingan bola antar warga, dan juga ikut memeriahkan malam perayaannya dengan menari bersama kawan-kawan diatas panggung. 

Read more: Menumbuhkan Jiwa Patriotisme Pada Anak

Mengenalkan Konsep Kepemilikan Pada Anak

Buat yang masih punya balita dirumah, pasti deh ada masanya bingung dengan kehebohan yang berulang-ulang terjadi. Seperti berebut mainan, anak corat-coret dinding, anak mengambil milik orang lain tanpa izin, dan kasus-kasus serupa. Nggak usah panik dulu, karena ini memang banyak terjadi dibanyak rumah yang lain, hehehe…

Read more: Mengenalkan Konsep Kepemilikan Pada Anak

Yuk Bimbing Anak Belajar Dari Kesalahannya

Gemeeeeees deh rasanya kalau liat anak bolak-balik berbuat kesalahan. Yang numpahin air, mecahin gelas, sampai dengan mengalami kegagalan mencapai target nilai di sekolah. Tapi kalau dipikir-pikir, namanya juga anak-anak yang sedang mengalami proses belajar dalam kehidupan, wajar saja sih kalau banyak salahnya. Berharap si anak selalu berperilaku sempurna, alias betul terus dan nggak pernah salah juga kan mustahil. Justru apabila anak melakukan kesalahan, itu tandanya ia sedang mencoba belajar banyak hal baru. 

Read more: Yuk Bimbing Anak Belajar Dari Kesalahannya

Mengajari anak mengenal waktu

Pernah nggak sih misskom sama anak? Pasti sering deh. Saya juga pernah mengalami miss komunikasi yang biasanya karena beda persepsi atau beda pemahaman sama anak. Misalnya, disaat saya pamit pergi ke ATM cuma sebentar karena memang saya cuma mau pergi paling lama setengah jam. Pulangnya anak saya menangis, dan saya dituduh tukang bohong! Karena menurut si kecil, saya perginya lama. Pernah juga saat Raka dan Nala kelaparan dan minta dibuatkan makanan, lalu dengan gesit saya jawab: Sebentar yaaaa, bunda masakin dulu! Lalu 1 menit kemudian mereka mulai merengek berkali-kali “ kok laaaama buuuun?!!!! Kok lama baaaangeeeet???”. Sampai rasanya saya kayak didemo!

Read more: Mengajari anak mengenal waktu

You are here: Home Parenting