parenting

3 Resep Sajian Jus Buah Penjaga Kesehatan untuk Berbuka Puasa

Dibulan ramadhan yang penuh berkah dan ampunan, bukan cuma saya, tapi anak-anak juga rela menahan lapar dan haus demi mendapat berkah dan ampunan dari Allah SWT. Tentunya senang saat suara bedug yang ditabuh akhirnya terdengar, penanda bila waktu berbuka telah tiba. Kami sekeluarga pun berbondong meraih asupan yang segar-segar, demi menumpas dahaga setelah seharian berpuasa. Namun, jangan sampai mengabaikan kesehatan. Supaya tubuh tetap bugar selama Ramadan, jadikan buka puasa tanpa merasa dosa dengan tiga resep sajian jus buah istimewa  yang enak tapi tetap sehat. Jadi nggak merasa berdosa deh kalau nambah-nambah terus.

Read more: 3 Resep Sajian Jus Buah Penjaga Kesehatan untuk Berbuka Puasa

Kakakku idolaku

Untuk orang tua yang punya anak lebih dari satu pasti pernah mengalami masa-masa kebingungan dalam mengelola hubungan kakak-adik. Senang rasanya melihat si kakak dan si adik akur, namun pada kenyataannya ada saja peristiwa yang terjadi setiap harinya antara si kakak dan si adik yang membuat kita geleng-geleng kepala. Kalau si kakak bermain boneka, adikpun ingin main boneka yang sama, endingnya rebutan boneka, deh. Saat kakak mengambil makanan, adik merengek ingin makanan yang ada ditangan kakak. Adik ingin sepatu yang sama dengan kakak, adik suka lagu kegemaran kakak. Sampai seringkali si kakak merasa terganggu dengan perilaku adiknya.

Buat parents yang suka gemas sama kelakuan adik yang suka nyebelin karena suka meniru kakaknya, nggak usah frustasi. Mengapa? Karena ternyata pengalaman seperti ini bukan cuma terjadi sama anak-anak kita aja, lho! Faktanya, banyaknya waktu berinteraksi antara adik dengan kakaknya inilah yang membuat si adik yang berusia lebih kecil dan sedang seru-serunya belajar banyak hal, jadi suka meniru apapun yang disukai oleh kakaknya.

Read more: Kakakku idolaku

Belajar dari Membuat Teh

Di zaman yang sudah serba instan ini, manfaat berpuasa semakin terasa, terutama untuk materi anak-anak belajar menunggu dan berproses. Biasanya, makanan selalu terhidang manis di meja makan dan bisa dimakan kapan saja saat anak lapar. Kalaupun dirumah sedang nggak ada makanan, makanan bisa cepat hadir diantar ojek online kan... Tapi disaat berpuasa, walaupun sedang lapar-laparnya, mereka tetap musti menunggu saat berbuka puasa untuk sekedar bisa memuaskan dahaga. 

Read more: Belajar dari Membuat Teh

Anakku Beranjak Remaja

Nggak kerasa Mima, anak pertama saya, yang rasanya baru kemarin lahir, sekarang sudah beranjak remaja. Rasanya baru kemarin dia menangis berguling-guling di lantai saat keinginannya nggak terkabul. Tapi sekarang, sudah bisa pinjam baju dan sepatu saya. Bukan hanya fisiknya yang mulai berubah jadi lebih besar, tetapi pola pikir dan emosinya juga berubah. Pada umumnya kebanyakan remaja memang mengalami kondisi seperti ini. Jadi nggak heran kalau ayah dan bunda memiliki anak remaja yang kadang bersemangat, tapi tiba-tiba sensitif dan mudah tersinggung. Mungkin hal seperti ini bisa membuat orang tua sangat kaget karena bahkan si kecil yang beranjak remaja tiba-tiba cepat marah, kecewa ataupun sedih dengan reaksi yang tampak berlebihan. Tapi kalau ini terjadi, ingat ya kalau ini dipengaruhi oleh hormon. 

Read more: Anakku Beranjak Remaja

You are here: Home Parenting