parenting

Toilet training

Buat parents yang punya anak balita, biasanya mulai pusing untuk toilet training nih. Bolak balik ngajak si kecil untuk ke toilet, tapiiii sikecil masih aja suka ngompol. Biasanya sebulan aja menghadapi toilet training yang nggak berhasil-berhasil orang tua langsung frustasi. Proses ini memang bikin ortu jadi frustasi sih. Karena dalam prosesnya, biasanya karpet, sprei dan kasur ikutan jadi korban. yaaa kaaan?  Hahahahaaaa…

Read more: Toilet training

Ditangisi anak saat berangkat kerja

Untuk ibu yang bekerja, pasti pernah deh menghadapi drama di pagi hari. Kehebohan dipagi hari jadi semakin lengkap diramaikan oleh tangisan si kecil yang nggak rela ibunya berangkat kerja. Waaaah, kalau udah begini pasti deh bikin hati ibu jadi broken heart. Kalaupun terpaksa berangkat, tapi ekspresi si kecil yang meratap saat kita pergi selalu membayangi. Kerja juga nggak konsen karena bawaannya pengen nelfon terus ke rumah.

Read more: Ditangisi anak saat berangkat kerja

Penting!!! Kelola stress anak

Saya suka deg-degan melihat beban anak-anak jaman sekarang. Dari beban kurikulum dan jam pelajaran yang terus bertambah, belum lagi harus melewati jalanan yang macet setiap hari, sampai tuntutan pergaulan yang nggak jarang membawa anak menjadi gampang stress. Walau kadang terasa menganggu, kita harusnya bersyukur kalau punya anak yang ekspresif.

Saat sedang stress atau emosi, dengan mudah bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya. Walau terkadang bete juga liatnya, tapi ini tandanya anak bisa menyalurkan emosinya sehingga nggak menjadi sampah dibadannya. Tinggal orang tua aja yang mengarahkan anak agar bisa mencari penyaluran emosi yang aman. Misalnya dengan melakukan hobinya seperti bernyanyi, menggambar atau dance sebagai ajang pelepasan emosi.

Read more: Penting!!! Kelola stress anak

Bikin Anak Semangat Puasa

Memang seru yah parents saat menemani anak-anak belajar puasa. Selain seru, kita sebagai orang tua juga dituntut untuk belajar sabar. Apalagi saat anak-anak mulai mengeluh lapar dan haus, lalu ngotot minta buka puasa aja, justru di jam-jam terakhir menjelang buka puasa. Gimana nggak gemes coba?!

Tapi kita bisa lho bikin anak-anak semangat puasanya tanpa maksa mereka, apalagi ngomel-ngomel. Kenapa lebih baik tanpa memaksa? Karena kalau kita paksakan anak apalagi pake ngomel segala, berarti kita sedang mentauladani perilaku maksa sambil ngomel pada anak. Sementara anak-anak kan suka meniru. Nggak lucu kan kalau di bulan ramadhan kita malah tanpa sadar mengajari anak perilaku suka maksa plus ngomel pulak.

Read more: Bikin Anak Semangat Puasa

You are here: Home Parenting