parenting

Drama hari pertama sekolah

Pasti seru deh saat pertama kali nganterin anak masuk sekolah. Antara senang, bangga, deg-degan sampe stress menghadapi drama perpisahan sementara dengan anak semua campur aduk di hati. Buat orang tua diluar sana yang lagi pusiiiing tiap kali mengantar anak sekolah, nggak usah khawatir. Bukan cuma anak kita aja kok yang rewel saat harus berpisah sementara dihari - hari pertama bersekolah. Kejadian ini biasa disebut dengan separation anxiety.

Wajar aja sih sebenarnya kalau anak - anak mengalami kecemasan saat pertama kali harus melakukan aktifitas seharian tanpa orang tuanya. Bayangin aja, anak - anak yang biasa melakukan aktifitas bersama orang tua, atau orang terdekat yang sudah dipercaya dan selalu menimbulkan rasa aman, tiba-tiba harus melakukan aktifitas bersama orang - orang asing yang belum pernah dikenalnya, ditempat yang asing pula. Bahkan kita aja masih ada rasa nggak nyaman saat mengalami situasi seperti ini kan?.

Read more: Drama hari pertama sekolah

Jadi ibu yang tenang

Hari-hari menjadi ibu adalah hari-hari yang penuh warna… Dan drama tentunya. Hahahahaaa… 

Saya pernah ada di masa-masa tiada hari tanpa frustasi, stress dan cemas. Mulai dari cemas saat asi saya nggak sebanyak ibu lain, panik saat anak sakit, frustasi menghadapi anak yang tantrum sampai dengan stress karena merasa bukan ibu yang baik untuk anak saya. 

Dan akhirnya drama ini dilengkapi dengan protes dari Davina, anak pertama saya yang saat itu masih berusia 6 tahun. Saking sebelnya sama saya yang suka panik dan diakhiri dengan marah-marah, Davina protes. Akhirnya keluar pernyataan dari mulutnya bahwa dia nggak suka punya ibu kayak saya.

Read more: Jadi ibu yang tenang

Akibat Kemajuan Teknologi pada Anak

Seringkali kita mensyukuri kemajuan teknologi yang menyuguhkan kita banyak sekali kemudahan. Apalagi semenjak adanya smartphone. Walau hanya dalam genggaman, banyak hal bisa kita lakukan. Dari mulai menyambung silaturahmi, mengurus kerjaan, sampai belanja dan mencari penghasilan tambahan bisa kita lakukan lewat smartphone. Kadang nggak perlu banyak usaha untuk melakukan sesuatu. Bisa sambil bermalasan dari rumah, semua urusan beres.

Dasar orang tua, karena kita tau bahwa segala hal yang mudah itu memang menimbulkan kenyamanan, anak kita juga kita hujani dengan beragam fasilitas agar hidupnya nyaman. Senang rasanya melihat anak-anak mendapatkan banyak kemudahan dengan beragam fasilitas sambil menikmati kemajuan teknologi yang semakin mempermudah hidup kita belakangan ini. Namun tanpa kita sadari, terutama untuk anak-anak, ada banyak pelajaran hidup yang hilang.

Read more: Akibat Kemajuan Teknologi pada Anak

Toilet training

Buat parents yang punya anak balita, biasanya mulai pusing untuk toilet training nih. Bolak balik ngajak si kecil untuk ke toilet, tapiiii sikecil masih aja suka ngompol. Biasanya sebulan aja menghadapi toilet training yang nggak berhasil-berhasil orang tua langsung frustasi. Proses ini memang bikin ortu jadi frustasi sih. Karena dalam prosesnya, biasanya karpet, sprei dan kasur ikutan jadi korban. yaaa kaaan?  Hahahahaaaa…

Read more: Toilet training

You are here: Home Parenting